Beri Pasir Zeolit ke ternak anda, Kenapa ? | ADY WATER | harga zeolit | jual pasir zeolit| harga pasir zeolit


Penulis : Urip Santoso

Hasil Riset para Ahli menunjukan Zeolit meningkatkan berat badan ternak , meningkatkan efesiensi pakan, Menekan pertumbuhan aflatoksin , Meningkatkan daya tahan tubuh

Problem industri peternakan di Indonesia dewasa ini selain menekan biaya produksi semaksimal mungkin dengan produktivitas yang memadai , juga dihadapkan kepada perubahan konsumen yang sudah mulai memperhatikan mutu daging . Mereka menginginkan daging yang rendah lemak, bau yang tidak amis, warna daging yang kemerah-merahan , residu obat-obatan yang rendah serta kontaminasi mikroba patogen yang rendah pula. Selain itu , industri peternakan dihadapkan kepada masalah pencemaran lingkungan akibat kegiatannya.

Masalah ini mensttimulir para peneliti untuk memecahkannya sehingga muncul berbagai saran dari kontruksi kandang sampai dengan penambahan pakan suplemen . Bebagai pakan suplemen telah diujicobakan kepada ternak . Salah satunya adalah ZEOLIT .

Zeoilit dikenalkan oleh mineralogis Swedia , Cronstedt pada tahun 1756 . Ia menemukan zeolit dalam batuan yang berasal dari vulkanik . Zeolit merupakan persenyawaan aluminosilikat denganstruktur berpori terdiri dari kaiton -kaiton dan molekul air.

Struktur Zeolit

Dewasa ini 39 zeolit yang terdapat dialam telah diketahui dan diterminasin strukturnya . Selain itu lebih dari 100 spesies zeolit buatan yang tidak ditemukan di alam .Semua zeolit mempunyai struktur kerangaka tetrahedon tiga dimensi yang disususn oleh SIO4 dan AIO4.

Mineral Zeiolit mempunyai karakteristik yangkhas , yaitu dapat melepaskan dan mengikat air secara reversibel serta dapat menukar kaiton -kaiton yang menyusunnya tanpa mengubah struktur utamanya . Sifat pertukaran tersebut selalu diimbangi oleh kaiton -kaiton logam monovalen dan divalen seperti Na , K , Ca, Mg , atau Ba . yang menduduki di bagian terbuka strukturnya .

Penelitian diberbagai negara menunjukan pemberian zeolit memberikan tambahan berat badan ( PBB) yang baik . Hal ini mungkin disebakan kontrol ion exchange dari konsentrasi ion amonium dalam saluran pencernaan . Namun beberapa penelitian menunjukan adanya indikasi lebih tinggi konsentrasi protein. Globumin dan mineral darah pada babi yang diberi Ca K dari clinoptitolite . Disinyalir pemberian zeolit 3 % dapat meningkatkan PBB (berat badan) sebesar 25 % .ada ayam potong misalnya pemberian ZEOLIT 2,5 % dapat meningkatkna PBB (berat badan ) 25 % . Pada sapi pedet jantan perah pemberian zeolit 2,3 % meningkatkan PBB (berat badan ) sebesar 45 %, Pada kelinci dosis 5 % dapat meningkatkan PBB ( berat Badan ) dari 214,3 gram menjadi 340,4 gram . hasil Penelitian di Jepang pemberian ZEOLIT 2-5% menyebabkan pertumbuhan 20 % lebih tinggi .l

Meningkatkan Efesiensi pakan

Pada pedet sapi perah , pemberian ZEOLIT 2,3% meningkatkan effesiensi pakan sebesar 49 % . Pemberian ZEOLIT pada kelinci juga dapat meningkatkan effesiensi pakan secara signifikan . Selain itu ternyata ZEOLIT dapat meningkatkan jumlah anak yang dilahirkan dari rata-rata 6,07 menjadi 8, 27 ekor .

Pada ayam petelur pemberian 10 % clinoptilolite memberikan kenaikan effesiensi kalori rata-rata 20 %. Pemberian 2-5 % clinoptiliote pada sapi dara juga memperbaiki kapsitas retensi nitrogen pupuk kandang. Pada broiler pemberian 2,5 % zeolit juag meningkatkan PBB ( berat badan ) dengan effesiensi pakan lebih tinggi .

Menekan pertumbuhan aflatoksin

Tepung Zeolit juga dapat mengurangi pengaruh aflatoksin pada pakan yang diberikan pada itik dewasa . Hasil penelitian lain juga menunjukan bahwa pemberian zeolit pada itik yang disimpan selama 6 minggu teryata hanya sedikit menaikkan kada aflatoksin , sementara kadar gizinya tidak mengalami penurunan . Pemberian Zeolit sebesar 1,5 % memberikan berat badan yang lebih baik daripada kontrol pada umur 12 minggu . pada Penelitian ini ZEOLIT diberikan dari umur 2 minggu dengan effesiensi pakan lebih tinggi . Pemberian sebanyak 4,5% memberikan berat yang lebih rendah daripada 1,5 % tetapi memberikan effesiensi yang lebih tinggi daripada yang 1,5 % .

Menurunkan Produksi Amonia

Amonia merupakan gas yang diproduksi oleh ternak sebagai hasil penguraian asam urat atau urea oleh mikrobia . gas ini merupakan salah satu gas penyebab pencemaran lingkungan oleh ternak. Selain itu masih banyak gas lain yang dapat menimbulkan bau yang kurang sedap . Pemberian Zeolit ternyata mampu menurunkan prduksi gas amonia ini. Selain itu , kotoran yang dihasilkan ternak menjadi lebih kering dan tidak berbau .Oleh sebab itu , pemberian zeolit sebagai pakan suplemen dapat mengurangi pencemaran akibat kegiatan peternakan . Zeolit juga dapat ditaburkan ke alas kandang ( litter) sehingga gas amonia terbentuk dapat ditangkap oleh oleh zeolit . Selain pemberian zeolit , ventilasi yang baik juga sangat signifikan dalam menurukan bau kandang , Turunnya produksi gas amonia ini tentu saja akan meningkatkan kesehatan ternak dan peternak serta manusia disekitar lokasi kandang

Meningkatkan daya tahan tubuh

Diduga dengan adanya area permukaan yang mempunyai pori-pori yang tinggi daapt mempengaruhi parasit yang ada dalam tubuh, membuang racun atau mengubah respon enzim dan. Hasil Penelitian di Jepang juga memnunjukan bahwa pemberian zeolit dapat mencegah penyakit diare dan kembung . Zeolit juga mampu menurunkan konsentrasi gas amioia dalam darah . turunnya gas dalam darah dapat menekan kejadian keracunan oleh gas amonia ini.

Sebagai penutup tulisan ini dapat disimpulkan bahawa penggunaan zeolit dapat meningkatkan produktivitas ternak serta menurunkan pencemaran yang ditimbulkan hasil kegiatan peternakan . Selain itu hingga saat ini belum ditemukan akibat negatif penggunan zeolit

sumber :

Urip Santos .

staff pengajar pada jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu


nb :

harga zeolit | jual pasir zeolit| harga pasir zeolit

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images